MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA BERBANTUAN MEDIA FINGER PUPPET PADA ANAK KELOMPOK B TK TIMU TAWA

Authors

  • Yohanes Joni

Keywords:

kemampuan berbicara, aktivitas berbicara, finger puppet.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak TK kelompok B melalui bercerita berbantu media finger puppet di TK Timu Tawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Model penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B di TK Timu Tawa, sejumlah 16 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara (lisan), observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kemampuan berbicara dikatakan berhasil apabila 80% dari 16 jumlah anak telah mencapai indikator kemampuan berbicara pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Kegiatan bercerita berbantu media finger puppet dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Timu Tawa. Hal ini ditunjukkan dari presentase kemampuan berbicara pada siklus I meningkat sebesar 35% dari kondisi awal 38% meningkat menjadi 73%. Kemampuan berbicara pada siklus II meningkat sebesar 12% dari siklus I 73% meningkat menjadi 85%

Downloads

Published

2021-02-03

How to Cite

Joni, Y. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA BERBANTUAN MEDIA FINGER PUPPET PADA ANAK KELOMPOK B TK TIMU TAWA. Global Edu, 4(1), 43–49. Retrieved from https://globaledu.web.id/journal/index.php/GE/article/view/60

Issue

Section

Articles