Global Edu https://globaledu.web.id/journal/index.php/GE en-US sugi.anto94@gmail.com (sugi anto) fafasafur@gmail.com (Faizah) Sun, 09 Apr 2023 01:24:01 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA https://globaledu.web.id/journal/index.php/GE/article/view/91 <p><em>Materi gelornbang bunyi dan cahaya kelas XI MIPA semester 2 merupakan materi yang sangat menarik untuk di pelajari, namun karena materi tersebut sangat banyak mengakibatkan peserta didik kesulitan untuk mernahami materi secara mendalam. Kesulitan-kesulitan tersebut ditarnbah dengan rnetode pembelajaran yang kurang inovatif yang rnenyebabkan peserta didik cenderung pasifdan bosan. Kondisi tersebut mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah dan tidak memuaskan, nilai rata-rata kelas pada materi sebelumnya (gelornbang mekanik) yang ditetapkan oleh guru adalah 75, hanya 8 peserta didik atau sebesar 25,8%. Jadi rnasth ada 23 peserta didik atau 74,19% yang belum memenuhi batas tuntas belajar. Dan rata-rata nilai yang dicapai adalah 71,13.</em></p> <p><em>Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi gelornbang bunyi dan cahaya, penelitian tindakan kelas ini menerapkan Model Pembelajaran Discavery Learning Berbantuan Modul, Subyek penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri l Pabedilan semester 2 tahun pelajaran 20 1 8/ 20 19. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refieksi. Siklus pertama dilaksanakan dengan pembagian kelompok, presentasi guru, penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan modul materi gelombang bunyi dan cahaya dalam diskusi kelompok, dan pemberian positesi. Siklus kedua dilaksanakan seperti pembelajaran sebelumnya, dengan membagikan modul materi gelombang bunyi dan cahaya Iebih awal, yaitu sebeiurn pembelajaran dimulai. Tindakan pada siklus 2 ini dapat dikatakan berhasil karena hasil evaluasi berupa posttest pada siklus 2 mengalami peningkatan dan telah mencapai target yang diinginkan. Hasil belajar peserta didik pada siklus 2 mengalami peningkatan, ina dapat dibuktikan pada nilai rata-rata kelas maupun dari persentase peserta didik yang mencapai KKM. Data didapat berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif di dapat dari hasil observasi, dokumentasi dan diskusi selama proses pembelajaran berlangsung dan data kuantitatif didapatkan dari nilai tes ulangan pada setiap siklus beriangsung.</em></p> <p><em>Berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Modul dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA 2 Semester 2 SMA Negeri 1 Pabedilan Tahun Pelajaran 2018/2019, karena dari prastklus, siklus 1 dan siklus 2 didapatkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang sangat signifikan. Peningkatan bisa dilihat dari presentase hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM &gt;75 sebanyak 45,16% pada siklus 1 menjadi 100┬░/0 di siklus 2 dari 31 peserta didik. Rata┬Črata hasil belajar peserta didik siklus 1 dan 2 juga meningkat pesat 7,48% dari 74,52% menjadi 82%.</em></p> Suenti Copyright (c) 2023 Global Edu https://globaledu.web.id/journal/index.php/GE/article/view/91 Sat, 28 Jan 2023 00:00:00 +0700